You don't have javascript enabled. Good luck with that.
Pencarian
Pejabat ASN Jakut Ajarkan Pendidikan Anti Korupsi di SDN Lagoa 02 Pagi
....
photo Anita Karyati - Beritajakarta.id

Pelajar di SDN Lagoa 02 Pagi Diedukasi Budaya Antikorupsi

Pejabat di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Administrasi Jakarta Utara melaksanakan belajar mengajar Pendidikan Antikorupsi di SDN Lagoa 02 Pagi, Kelurahan Lagoa, Kecamatan Koja.

K ita tanamkan sejak dini

Asisten Administrasi dan Kesejahteraan Rakyat Sekretaris Kota Jakarta Utara, Muhammad Andri mengatakan, program mengajar ini merupakan rangkaian dari sosialisasi dan bimbingan teknis (bimtek) pejabat mengajar antikorupsi yang diselenggarakan Inspektorat Provinsi DKI Jakarta bersama Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) RI.

"Hari pertama kami mengajar di Kelas 1C SDN Lagoa 02 Pagi. Sangat menyenangkan dan anak-anak menyambut antusias," ujarnya, Selasa (30/7).

51 Pejabat Pemkot Jakbar Ikuti Bimtek Mengajar Antikorupsi

Andri menjelaskan, sebanyak 30 peserta didik yang mengikuti kegiatan ini diberikan pemahaman terkait sembilan nilai integritas untuk tidak melakukan korupsi agar bisa diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari.

Kesembilan nilai budaya antikorupsi tersebut yakni, kejujuran, kesederhanaan, kegigihan, keberanian, rasa tanggung jawab, kedisiplinan, keadilan, kepedulian, dan kerja sama.

"Pemahaman nilai-nilai antikorupsi sangat penting untuk kita tanamkan sejak dini dan harus diulang-ulang. Kami berharap mereka dapat mempraktikkan nilai-nilai ini setiap saat," ungkapnya.

Menurutnya, kegiatan mengajar pendidikan antikorupsi oleh pejabat ASN ini akan terus berkelanjutan dan dilakukan setiap harinya di tingkat SD, SMP hingga SMA. Supaya anak-anak lebih memahami nilai-nilai tersebut, pihaknya juga mengadakan fun games tentang antikorupsi.

"Anak-anak terlihat sangat senang karena ada hadiah bagi mereka yang aktif dan bisa menjawab pertanyaan dari kami," terangnya.

Ia mengingatkan, pemahaman nilai-nilai antikorupsi ini juga membutuhkan peran penting dari orang tua, keluarga, pengasuh, serta pelaku pendidik.

"Orang tua menjadi garda terdepan dalam perkembangan anak," bebernya.

Sementara itu, Kepala SDN Lagoa 02 Pagi, Suwondo menyambut baik dan berterima kasih kepada pejabat Pemkot Jakarta Utara yang telah mengunjungi dan memberikan pembelajaran tentang pendidikan antikorupsi untuk peserta didiknya.

"Kita ketahui bersama, korupsi itu tindakan atau sifatnya negatif dan tidak baik. Pemahaman sejak usia dini ini sangat penting," tandasnya.

Berita Terkait
Berita Terpopuler indeks
  1. Naik MRT, Transjakarta dan LRT Jakarta Hanya Rp1 pada Hari Pelantikan Presiden

    access_time18-10-2024 remove_red_eye3764 personAldi Geri Lumban Tobing
  2. Simak! Ini Rekayasa Lalu Lintas saat Pelantikan Presiden 20 Oktober

    access_time18-10-2024 remove_red_eye1465 personAldi Geri Lumban Tobing
  3. Selama Peparnas XVII, Bus Sekolah Layani 801 Penumpang

    access_time16-10-2024 remove_red_eye1315 personNurito
  4. Kebakaran di Jalan Kemang Timur Raya Berhasil Dipadamkan

    access_time17-10-2024 remove_red_eye1243 personTiyo Surya Sakti
  5. Festival Literasi Jakarta 2024, Dorong Budaya Baca dan Bentuk Generasi Emas

    access_time16-10-2024 remove_red_eye1012 personAldi Geri Lumban Tobing